Senin, 16 Januari 2017

cara membuat qr code sendiri dengan android

Cara Membuat Qr Code Sendiri Menggunakan Android


BantuAndroid.com - Dewasa ini semenjak adanya teknologi pembaca barcode, penggunaan barcode sudah banyak digunakan baik itu secara individu atau perusahaan. Salah satu model barcode yang sering kita jumpai  adalah QR Code.QR Code adalah sebuah gambar segi empat berupa kode matrik  yang berisikan informasi, biasanya QR Code ini  terdiri kumpulan titik dan garis yang tidak beraturan. QR Code ini bisa menyimpan data dalam bentuk gambar, data yang dimaksudkan seperti email, url, nomor hp ataupun text lainnya. 

Nah kali ini kami akan memberikan informasi singkat mengenai bagaimana cara membuat QR Code tersebut melali gadget Android kita.Berikut ini adalah langkah-langkah begaimana membuat QR Code melalui ponsel Android :

Langkah pertama : Buka Google Play Store, kemudian ketikkan kata "barcode generator" lalu tekan tombol cari. Setelah ketemu akan ada banyak aplikasi yang ditampilkan dalam hasil pencariannya untuk membuat barcode.

Cara Membuat Qr Code Sendiri
Langkah kedua : Pilihlah aplikasi dengan nama Barcode Generator/ Reader yang di buat oleh Sugree Phatanapherom, lalu tekan tombol INSTALL. kemudian tunggu hingga proses unduh dan instalasi selesai.

Langkah ketiga : ketika proses instalasi susah selesai maka langkah berikutnya adalah buka aplikasinya dengan tekan tombol OPEN.

Langkah keempat : Setelah aplikasi barcode generator ini terbuka, mari kita buat QR Code yang inginkan. Pada menu Type pilih kategorinya sesuai QR Code sesuai dengan yang ingin kita buat. Misal disini saya contohkan kategori URL. Kemudian ketikkan url yang ingin kita buar QR Codenya, di sini saya contohkan url dari blog http://bantuandroid.blogspot.com.


Langkah kelima : Setelah data selesai di inputkan sesuai yang kita inginkan, berikutnya tinggal tekan tombol Generate.

Langkah keenam : Setelah proses generatecomplete maka QR Code milik kita sudah selesai di buat, langkah selanjutnya tinggal tekan tombol Save jika ingin menyimpannya di SDcard atau tekan tombol Share jika ingin membagikan QR Code ke teman-teman kita.

Begitulah tutorial cara singkat tentang bagaimana mudahnya membuat QR Code sendiri menggunakan ponsel Androidmu. jika ingin membaca QR Code yang sudah kita buat bisa kita baca menggunakan barcode scanner atau ponsel yang dapat membaca QR Code ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar